Siswi MAN Wonokromo Juara Olympiade Matematika SMA se-DIY dan Jateng

430706

Jakarta (Pinmas) — Siswi Madrasah Aliyah (MA) kembali mengukir prestasi. Kholida Nailul Muna (Kholida), siswa MA Negeri Wonokromo ini berhasil menjadi Juara I pada Olympiade Matematika Tingkat SMA/ SMK/ MA se DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Olympiade Matematika se DI Yogyakarta dan Jawa Tengah tahun 2016 diselenggarakan di Universitas Soedirman Purwokerto pada Minggu (27/11). Kejuaraan ini diikuti 267 pelajar tingkat SMA/SMK dan MA.

Kholida menjadi satu satunya siswi perempuan yang berhasil menjadi juara. Kholida juga satu satunya siswi madrasah yang juara.Sebelumnya, Kholida juga pernah tercatat menjadi juara II olympiade matematika tingkat Internasional.

Menurutnya, mendapat kesempatan mengikuti kompetisi, sangat menyenangkan. Apalagi, di setiap kompetisi dia selalu mendapat pengalaman baru yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan, khususnya di bidang matematika.

“Di setiap event pastinya punya tantangan yang berbeda, tingkat kesulitan dan jenis soal juga sering beda. Itulah yang menantang saya untuk bisa mengerjakan soal dengan benar dan teliti,” ujar Kholida sebagaimana dikutip dari laman Kanwil Kemenag DIY, Senin (28/11).

Keberhasilan Kholida tak lepas dari bimbingan guru matematika MAN Wonokromo Sapti Wahyuni dan Pusat Pendidikan Matematika (PPM). “Keberhasilan ini merupakan prestasi luar biasa dan hanya terwujud dari usaha serta doa dari semua pihak dan rizki Kholida juga karena juara 2, 3, 4, dan 5 berasal dari sekolah sekolah umum yang luar biasa,” ungkap Ketua PPM Ami Triono.

Prestasi Kholid ini diapresiasi oleh Kepala Kemenag Bantul, Buchori Muslim. Dia berharap, Kholida dapat terus mempertahankan prestasinya. Siswa madrasah lainnya juga diharapkan dapat terus berpacu dan memiliki semangat untuk maju.

Penghargaan yang sama disampaikan Kepala MAN Wonokromo Ali Asmui. Selain buat Khalida, apresiasi juga patut diberikan kepada Sapti Wahyuni selaku guru dan Fery Ardian selaku pembimbing dari PPM. Juga kepada seluruh civitas madrasah yang telah ikut berdoa untuk kesuksesan Kholida.

“Prestasi ini merupakan kado akhir tahun bagi MAN Wonokromo khususnya dan madrasah pada umumnya. Kami merasa bersyukur bisa andil dalam menorehkan prestasi di kota pendidikan Yogyakarta tercinta. Semoga prestasi ini membawa berkah untuk semuanya,” pungkas Ali. (lif/mkd/mkd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *