Menag Resmikan Gedung STIAB Jinarakkhita Lampung

428500

Lampung (Pinmas) – Sekretaris Ditjen Bimas Buddha Caliadi mewakili Menteri Agama hadir meresmikan gedung Sekolah Tinggi Agama Buddha (STIAB) Jinarakkhita Lampung sekaligus peringatan 30 tahun Vassa Bhiksu Nyana Maitri Mahastavira, Minggu (20/1). Menteri Agama yang sambutannya dibacakan Sesditjen Caliadi menyampaikan apresiasi atas keikhlasan dan pengabdian seluruh umat Buddha hingga Sekolah Tinggi Agama Buddha (STIAB) Jinarakkhita dapat terwujud sesuai yang diharapkan.

Menag mengatakan, pada masa sekarang, banyak perguruan tinggi menggariskan tujuan pendidikan dengan memfasilitasi peserta didik menjadi individu yang survive.

“Namun fenomena yang terjadi perguruan tinggi cenderung menempatkan pembelajaran bidang studi menjadi tujuan,” ungkap Menag.

Hal ini, ujar Menag, tampak dari pola evaluasi yang dilaksanakan. Menurutnya, mahasiswa seolah digiring menuju perolehan nilai yang tinggi sebagai tujuan, padahal nilai tersebut baru sepertiga dari kompetensi yang dibutuhkan menjadi orang yang sukses.

“Secara masif, mahasiswa dan dosen larut dalam perjuangan mengejar nilai yang sesungguhnya belum menggambarkan nilai hidup yang survive,” kata Menag.

Atas kenyataan ini, Menag menandaskan, perlu ada kebijakan untuk mengubah masalah yang dihadapi mahasiswa “harus” di upayakan lebih sulit dari kondisi kehidupan nyata agar para mahasiswa terbiasa menghadapi tantangan yang diharapkan berujung pada kemampuan untuk servive.

“Gambaran tersebut menunjukkan pentingnya perguruan tinggi agama Buddha untuk segera mereformulasikan kebijakan dan tujuan yang telah digariskan,” ucap menag.

Peningkatan mutu, menurut Menag, merupakan sebuah keniscayaan. Semangat untuk menerapkan sistem penjaminan mutu harus diteguhkan.

“Mutu tidak akan pernah tercapai jika standar audit dan aksi perbaikan mutu tidak diterapkan. Seperti kata bijak yang menyebutkan quality is a journey not a destination,” tutur Menag.

Menag dalam sambutannya menyampaiakan apresiasi kepada Bhikkhu Nyana Maitri Mahastavira yang telah memberikan dukungan bagi perkembangan pendidikan keagamaan Buddha di Indonesia.

“Bangunan semegah ini merupakan sumbangsih yang sangat berharga. Seiring dengan itu Saya berdoa kepada Tuhan YME agar kepadanya yang telah menaikkan kualitas dan citra pendidikan mendapatkan berkah dari Tuhan YME,” kata Menag.

Hadir dalam acara tersebut, Bhikkhu Nyana Maitri Mahastavira yang melakukan pemotongan pita peresmian bersama Bhikkhu Dharma Vimala, Bhikkhu Suryanadi Mahathera, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, KaKanwil Kemenag Prov. Lamung, Suhaili, Walikota Lampung Herman HN, Brigjen Pol Sudjarno (Kapolda Lampung), dan sejumlah tokoh lainnya. (dbb/dm/dm).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *