Menag Buka Porseni Kemenag Sulsel

434742

Wajo (Pinmas) — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka Pekan Olahraga dan Seni antar-aparatur sipil negara (ASN) Kemenag se Sulawesi Selatan di Lapangan Merdeka, Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Menag mengatakan, setiap manusia butuh kesehatan jasmani dan rohani. Tapi itu saja tidak cukup.

“Selain kesehatan jasmani dan rohani, kita juga membutuhkan kebugaran jasmani. Kita juga membutuhkan sesuatu yang disebut kewarasan. Waras itu penting, karena dengannya, kita mampu menempatkan diri, melihat sesuatu itu pantas atau tidak, sesuatu itu patut apa tidak,” terang Menag, Sabtu (10/12).

“Untuk itu, lanjut Menag, Kemenag selalu dan senantiasa mengupayakan kewarasan tersebut melalui pendidikan umum maupun keagamaan,” imbuhnya. Dalam kesempatan tersebut, Menag memperkenalkan, meneriakkan Lima Nilai Budaya Kerja sembari memperagakan gerakannya. Kelima nilai itu adalah: integritas, profesionalitas,, inovatif, tanggung jawab, dan keteladanan.

Pembukaan Porseni dimeriahkan juga dengan Gerak Jalan Kerukunan. Tidak kurang dari 15 ribu peserta Gerak Jalan hadir dari berbagai agama dan unsur masyarakat. Dilepas Menag, mereka akan menempuh perjalanan sekitar 1,7 KM menyusuri beberapa jalan di Kota Sengkang Kabupaten Wajo.

Sebelumnya Kakanwil Kemenag Sulawesi Selatan, Wahid Thahir mengatakan, Gerak Jalan Kerukunan dan Pekan Olahraga Seni antarASN se-Kanwil Kemenag Sulsel ini digelar dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag yang ke-71. Rangkaian kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Merdeka Sengkang, Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan.

“Ada 5 cabang olahraga dan 6 cabang seni yang akan dilombakan dalam rangkaian kegiatan HAB ini, dan diikuti oleh 24 Kankemenag kabupaten/kota se Sulawesi Selatan, PTKN, Litbang, Asrama Haji dan lain sebagainya, termasuk Kanwil,” terangnya.

“Selain itu, ada pula kegiatan kunjungan ke panti asuhan, ziarah ke Taman Makam Pahlawan, pemberian beasiswa santri kurang mampu, dan pada hari puncak pada 3 Januari nanti, kami akan melakukan upacara di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel,” imbuhnya.

Hadir dalam Pembukaan Porseni tersebut, Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru, Ketua DPRD, Keluarga Besar Kemenag se Sulawesi Selatan, rektor/ketua PTKN se Sulsel dan masyarakat umum.

Dalam gerak jalan ini, tersedia beberapa doorprize, antara lain Umroh, Sepeda motor, sepeda gunung dan lain sebagainya. (G-penk/mkd/mkd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *