MAN 1 Palembang Juara Umum Olimpiade Sains SMA/SMK/MA se Sumsel

432667

Jakarta (Pinmas) — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palembang (MANSAPA) berhasil menjadi juara umum dalam Olimpiade Sains tingkat SMA/SMK/MA pada Festival Intelektual Madrasah (FIM). Kompetisi sains ini digelar di MAN Insan Cendekia OKI, Kamis (01/12), dan diikuti puluhan peserta dari SMA/SMK/MA se Sumatera Selatan.

MAN 1 Palembang didaulat sebagai juara umum setelah para siswanya berhasil menjuara 1 pada olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, dan Geografi. Selain itu, siswa MANSAPA juga berhasil meraih juara 2 dalam mata pelajaran Ekonomi.

“Syukur allhamdulilah, lagi-lagi siswa-siswi MANSAPA dapat membuat saya bangga dengan mampu raih juara umum dalam olimpiade sains. Dan dapat menjadi tolak ukur bahwa MAN 1 Palembang mampu unggul di bidang akademik maupun non akademik,” ujar Kepala MANSAPA Buchari sebagaimana dikutip dari laman web Kemenag Sumatera Selatan, Minggu (04/12).

“Alhamdulillah program unggulan kita dapat dibuktikan lewat Olimpiade Akademik ini dengan 5 siswa kita berhasil menjuarai 5 cabang mata pelajaran dan hanya 1 yang belum berhasil. Kita sangat bersyukur dan bangga karena siswa-siswi MANSAPA dapat menunjukan kemampuan yang mereka miliki serta tidak kalah dengan madrasah lainnya,” tambahnya.

Buchari berharap, prestasi ini dapat meningkatkan antusias dan motivasi siswa MANSAPA agar lebih giat belajar sehingga mampu membawa nama harum madrasah di tingkat nasional.

Dalam beberapa tahun terakhir, MANSAPA telah menerapkan 3 Program Unggulan Madrasah, yaitu MAN 1 PALEMBANG Unggul Akademik, Tahfiz, dan Jurnalis. Di bidang tahfiz, siswa MANSAPA setiap harinya dibiasakan membaca Al-Quran sebelum memulai pelajaran (JAM ke-0).

Selain mengejar akademik, para siswa didorong untuk lebih mendalami Al Quran. Dalam program ini, Siswa MANSAPA diharapkan minimal bisa hafal juz 30 beserta Surah Yaasiin. (iga/vie/mkd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *