Aceh Siap Jadi Tuan Rumah Pentas PAI 2017

436645-1

Tangerang (Pinmas) — Provinsi Nangroe Aceh Darussalam siap menjadi tuan rumah Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tahun 2017. Kesiapan Aceh sebagai tuan rumah ini terungkap dalam Rakor dan Evaluasi Program PAI di Tangerang.

Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, M. Daud Pakeh menjelaskan bahwa agenda Pentas PAI tahun 2017 sudah pada tahap koordinasi dengan pemerintah daerah. Daud Pakeh mengaku sengaja hadir di Rakor PAI bersama Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Hasanuddin Darjo untuk menyampaikan progress persiapan pelaksanaan.

“Kedatangan kami berdua di sini kiranya dapat menjadi jawaban bahwa Aceh sudah siap untuk menjadi tuan rumah Pentas PAI tahun 2017,” ungkap Daud disambut tepuk tangan peserta, Jumat (16/12).

Menurutnya, kegiatan Pentas PAI sudah dikoordinasikan dengan Pemerintah Daerah, baik dari aspek anggaran maupun beberapa teknis pelaksanaan. Daud juga menyatakan kesiapan Pemerintah Daerah dengan skema sharing biaya.

“Usulan biaya yang ditanggung Pemerintah Daerah sudah kami usulkan kepada Gubernur dan DPR Aceh di Anggaran 2017, semoga lancar,” kata Daud yang menyempatkan diri untuk hadir di tengah kesibukan penanganan musibah gempa di Pidie Jaya.

Hal sama ditegaskan Hasanuddin Darjo. Menurutnya, Pemprov Aceh mendukungan pelaksanaan Pentas PAI 2017 di Serambi Makkah. Jika Pendidikan Agama menjadi kunci, insya Allah negeri ini akan baik, ungkapnya.

Darjo mengatakan, koordinasi Kemenag dan Dinas Pendidikan Aceh selama ini berjalan sangat baik. Tidak hanya soal Pentas PAI, kerjasama Kanwil Kemenag dan Dinas Pendidikan Aceh bahkan sudah banyak melahirkan kebijakan bersama. Salah satu kebijakan tersebut adalah lahirnya program penyediaan Kendaraan Operasional bagi Pengawas Sekolah dan Madrasah di Aceh.

“Semoga kerjasama ini bisa mewujudkan pendidikan yang lebih baik,” tandasnya.

Pentas PAI merupakan ajang kompetisi siswa dasar hingga menengah di bidang keterampilan dan seni PAI. Tahun 2017 nanti, Pentas PAI akan menjadi gelaran kali kedelapan.

Direktur Pendidikan Agama Islam, Imam Safei, menyampaikan dipilihnya Aceh sebagai tuan rumah agar para peserta Pentas PAI nantinya bisa melihat langsung bagaimana kehidupan masyarakat di Serambi Mekkah yang terkenal Islami.

Pentas PAI 2017 di Aceh rencananya akan mengambil lokasi di Taman Sulthanah Ratu Safiatuddin. Adapun kapan pelaksanaannya, Kepala Bidang PAI Kementerian Agama Provinsi Aceh Saifuddin AR menjelaskan bahwa itu akan didiskusikan kembali agar tidak bersamaan dengan agenda-agenda Pemerintah Daerah. (zaki/mkd/mkd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *